WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Ngomongin motor bermesin V Twin nih ya, selalu menarik untuk dibahas. Lha mesin jenis ini formatnya mirip kayak mesin di motor-motor Harley Davidson. Ciri khasnya ada sepasang blok dan kop silinder berhadap-hadapan membentuk sudut V, ya tengok aja mesinnya Harley kaya gimana, hehe. Yang viral di tanah air itu mesin parallel twin alias Inline-2 alias mesin 2 silinder segaris yang bisa kita jumpai di Ninja250fi, CBR250RR, atau R25. Atau yang lagi HOT, mesin 4 silinder segaris alias Inline-4 kepunyaan NinjaZX-25R.
Baca juga : Honda CB Jahat Bermesin V4, Udah Kaya Ducati Aja Nih
Seingat inyong dulu pabrikan Hyosung pernah jualan motor laki dengan mesin V Twin. Nama motor ini adalah Hyosung GT250R, mesinnya 250 cc V Twin air cooled + oil cooled mampu menyemburkan tenaga sekitar 27.6 tk dan torsi sekitar 22 N.m. Motor ini digadang-gadang sebagai penantang eksistensi Ninja250R dan CBR250R (CBR yang masih 1 silinder) waktu itu. Inyong lihat secara spek harusnya motor dari negeri asal pembuat drakor (drama Korea) ini bisa bersaing sama Ninja dan CBR, secara karakter mesin 250 cc V Twin itu lebih galak ketimbang mesin Parallel Twin kepunyaan Ninja250R yang lebih lembut. Walaupun mirip tapi torsi Hyosung GT250R sangat menggila dari putaran bawah-menengah, khas mesin V Twin lah. Tapi mungkin karena marketingnya kali ya Hyosung GT250R jadi kurang viral di pasaran, padahal speknya gahar, ya menurut inyong naik Hyosung GT250R itu udah macam naik Ducati Panigale 1199 tapi versi 250 cc, wong sama-sama V-Twin.
Wokree... kembali ke judul. Kali ini inyong mau share dari Cikk 607 tentang modifikasi sebuah motor lejend Honda CB V Twin modif dengan blok dan kop Scorpio. Yupz Kangmas dan Mbakyu enggak salah baca. Honda CB satu ini mesinnya dimodif jadi format V Twin macam Ducati Panigale 1199 atau Harley Davidson dengan crankcase Tiger, tetapi blok dan kepala silindernya adopsi kepunyaan Yamaha Scorpio yang 225 cc itu. Sehingga CB V Twin ini kapasitasnya 450 cc kalau mesinnya enggak dibore-up atau distroke-up, ini dia wujud mesin V Twin-nya :
Selain cc-nya yang 225, blok dan kop mesin Scorpio itu ukurannya lebih gede dari mesin Tiger, jadi CB V Twin ini kelihatan padet banget di area mesinnya. Bahkan kalau dilihat dari samping mesin V-Twin nya rada nongol ke kiri dan kanan. Hal itu karena kruk-as nya udah disambung untuk 2 silinder, jadinya lebih lebar Kang.
Spek mesinnya sendiri pakai karbu PE28 2 buah, uniknya karbu PE28 buat silinder depan dikasih manifold dan ngadep ke samping. Ini karena sudut mesin V Twinnya yang sempit. Kita lihat blok mesin belakang masih ngikut dudukan aslinya, jadi blok mesin depan yang ngalah. Dan karena blok belakang masih memakai dudukan asli CB, knalpotnya pun menghadap depan, ini unik, karena biasanya mesin V Twin itu leher knalpot untuk silinder belakang harusnya keluar dari belakang juga biar sela-sela tengah blok silinder depan-belakang bisa buat tempat karbu. Untuk pendinginan udah didukung dengan oil cooler sebagai pendinginan ekstra biar lebih adem mengingat ini motor kayaknya udah 450 cc ++ nih.
Baca juga : Bore Up & Stroke Up Si Kebo Jadi 260 cc (Bajaj Pulsar 260 cc)
Okeh Kangmas dan Mbakyu, dan inilah dia galeri dari Honda CB V Twin dengan Blok dan Kop Scorpio, selamat menikmati :
Komentar
Posting Komentar