WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Sangar & rapi tenan lurrr... modifikasi motor Yamaha Scorpio satu ini. Inyong share dari videonya dawley. Dilihat sepintas tak kiro (saya kira) ini Husqvarna Vitpillen lhoh. Mulai dari bentukan tangki, setang, buntut, sokbreker depan, hingga kaki-kaki bener-bener manglingi (bikin nggak nyangka). Ini dia modifikasi keren Yamaha Scorpio Bratstyle :
Sekarang bandingkan sama Husqvarna Vitpillen 250 cc ini :
Mirip khaan, hehehe. Coba Yamaha produksi lagi Scorpio tapi dibikin model retro terus dikasih nama Yamaha XS250. Mesinnya upgrade ke 250 cc plus oil cooled macam di Yamaha FZ25. Kan FZ25 mesinnya identik sama mesin Scorpio, cuman dia udah 250 cc + oil cooled + udah injeksi + pistonnya ada teflonnya kalau nggak salah. Daripada discontinue kan sayang toh, wong common parts kok.
Baca juga : Development : Perancangan Yamaha FZ-25 - Sodaranya Scorpio tapi Bermesin 250 cc
Okre balik ke kantor, eh ke judul. Yamaha Scorpio satu ini dimodifikasi dengan aliran air yang mengalir sampai jauh bratstyle. Itu sebenernya gaya modifikasi yang termasuk enggak neko-neko. Bukan neko-chan ya, itu mah kucing kalau di anime-anime Jepang. Bratstyle itu sendiri ngetren di tanah air mulai 2001 deh kalo nggak salah lho ya. Okre sekarang kita pelototin bagian per bagian dari tubuh Yamaha Scorpio yang udah dimodif ala bratstyle ini, cekidot :
TANGKITangkinya sendiri pakai punya Honda Mega Pro hiu. Itu lhoh Mega Pro lawas tahun 2002-an sebelum seri Primus. Itu Honda Mega Pro yang mesinnya masih overbore dengan bore x stroke 6.35 x 4.95 cm kalau nggak salah. Yupz ukuran pistonnya sama dengan punya Honda Tiger, tapi lebih jenong.
Ini penampakan tangkinya kalau dilihat dari jok pengendara :
Okre kalau masih nggak kebayang juga apa itu Honda Megapro Hiu, ini wujud motornya :
SWING ARM DAN KAKI BELAKANGYang paling ane demen dari modifikasi ini di bagian kaki-kaki, keker banget bro. Swing arm-nya sendiri mirip kayak punya Honda CBR 600 RR, entah beneran atau custom, tapi asli keker. Yang bikin swing arm ini kelihatan keker selain pipanya yang gede, juga ada tulangan atasnya, atau disebut juga Upper-Brace. Tulangan ini ada fungsinya lhoh nggak cuman buat gaya-gayaan. Fungsinya buat menjaga traksi ban belakang agar selalu nempel sama aspal. Juga setelan rantainya yang moge banget, lihat nih :
Terlihat pada gambar di atas swing arm ini dikombinasikan dengan cakram belakang bergelombang dan kaliper belakang Brembo, ciettt. Mungkinkah bisa dipakai buat powerslide / RWS style ? Hehehe. Swing arm ini juga udah dilengkapi dengan jalu yang biasa dipakai untuk standar paddock, ini dia jalunya :
Ban belakang pakai Bridgestone Battlax BT-003 ukuran 190/50-17 dikombinasikan dengan velg tapak lebar palang tiga. Kayaknya sih lebar 5.5 inch deh. Nah ini ketika dilihat dari belakang, keker abis :
Untuk knalpotnya pakai knalpot model pendek yang lubangnya ditutup sama jaring-jaring kayak di balapan motogp itu.
SOKBREKER UPSIDE DOWN DAN KAKI DEPAN
Pindah ke kaki-kaki bagian depan. Yamaha Scorpio keren ini ini udah pakai sokbreker depan upside-down warna emas. Yang menurut inyong bakal meningkatkan kegantengan Mas-Mas sekitar 2000% pas naik motor ini, huehehehe.
Sokbreker yang ukurannya kalau nggak salah 41 mm ini dipadukan dengan velg lebar dan ban gambot di depan plus double disc, coba disc-nya carbon yah, eh... itu kan cuman buat motojipi ajah, wsbk aja masih pake cakram baja kok, hehehe. Well penampakan double disc ini bikin kaki depan jadi macho abis. Yang kurang sih spakbor depannya, terlalu biasa kalau inyong lihat, sisanya sih keren abis.
Sedangkan kalipernya pakai bikinan KTC dengan breket custom karena ini udah pakai discbrake ukuran jumbo plus selang rem aftermarket. Ban depan pakai Bridgestone Battlax BT-32 ukuran 120/60-17 kalau nggak salah.
Lalu lampu depan custom dengan bentukan kayak berlian segitiga, ada cover kecil pemanis di bawahnya. Untuk speedometer dibiarkan terbuka tanpa cover, dan inyong lihat sih cukup rapi ya nggak ada kabel-kabel bergentayangan. Setangnya sih mirip-mirip punya Tiger lama deh kalau diperhatikan.
BODY SAMPING
Beralih ke bagian samping. Mesin Scorpio yang standardnya 225 cc dengan bore x stroke 7.0 x 5.8 cm yang bisa menyemburkan tenaga sekitar 19 tk dan torsi sekitar 18 N.m itu dikasih pelindung berupa kerangka crashbar. Tapi kalau menurut inyong pribadi sih crashbar nggak perlu, soale nutupin gagahnya mesin Scorpio. Sekedar info aja, mesin Scorpio itu unik, mesinnya sederhana cuman SOHC 2-klep berpendingin udara tapi performanya bisa bejaban sama Ninja 250 R karbu, dan bentukan mesinnya cenderung mengkotak dengan ukuran kepala silinder yang cukup gede, sekilas dilihat kayak DOHC, padahal bukan lhoh.
Cover body samping bentuknya memiliki lekukan tajam dengan 2 kisi-kisi angin / aero, malah rada "techno" di bagian ini, bukan "retro". Yamaha Scorpio ini modern di kaki-kakinya tetapi retro di body dan facialnya, jadinya Muscular-Neo-Classic style neh kalau menurut inyong, hehehe.
Okre itulah dia modifikasi keren Yamaha Scorpio Bratstyle, sebuah sepeda motor Yamaha Scorpio yang aslinya sport touring ini kini berubah jadi cafe racer bratstyle. Modifikasi macam ini juga cucok kok buat adik-adiknya, siapa lagi kalau bukan Yamaha XSR 155 & MT-15, wokreee semoga menginspirasi, wassalamu'alaikum.
Komentar
Posting Komentar