Gantengnya CBR600RR Berlivery Movistar Ini

WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Eh bentar... nggak salah nih ? Ya emang betul soalnya tidak salah, ya kan ? Kepriwek iki kok malah marai mumet ? (gimana nih kok malah bikin pusing ?). Yupz beneran ini bukan Yamaha, tapi Honda yang berlivery Movistar. Sampeyan tahu Honda CBR600RR kan ? Ya ini barangnya. Sebenarnya sama sekali enggak mengherankan kalau turunan Honda RC211V ini berlivery Movistar, wong pernah ada kok Honda RC211V yang pake livery ini, siapa lagi kalau bukan Honda RC211V nya Sete Gibernau, musuh bebuyutannya Rossi di era 2005 kalo nggak salah. Kalau masih nggak tahu juga, wuahhhhhhhh status MotoGP mania-nya patut dipertanyakan, hehehe pissss. Cari-cari deh di Youtube dengan keyword Sete Gibernau vs Rossi, wes tonton tuh sampe puassss, hahaha.

Baca juga : Engine : Motor Mini Bermesin Ducati

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Eh, sebelum itu jangan-jangan pada nggak tahu apa itu Honda RC211V. Ini bukan RC213V yang digeber Marquez ya, beda. RC211V itu motor MotoGP yang mesinnya V5 990 cc, RC211V itu ya Honda RCV generasi awal yang dikembangkan oleh Rossi dkk semenjak peralihan dari 2-tak ke 4-tak atau kalau di kasus Honda, peralihan dari NSR 500 yang 2-tak itu ke RC211V ini yang 4-tak. Rossi waktu di Honda 4-tak (yang 2-tak juara sekali waktu naik NSR500 di 2001) sempet juara 2 kali naik motor ini, yaitu di 2002, & 2003 sebelum "berantem" sama direksi Honda waktu itu dan akhirnya pindah ke Yamaha di 2004. Nah Rossi "duel dengit" sama Sete Gibernau itu tahun 2005 dan videonya viral di Youtube, lihat nih contohnya :

(Duel Sete Gibernau vs Rossi 2005, tonton sampe abis)

Honda RC211V atau Honda RCV itu adalah motor MotoGP bikinan Honda yang bermesin 5 silinder V5 dan minim support elektronik. Dan di era itu Rossi banyak melakukan gaya balap RWS (Rear Wheel Steering), atau bahasa gampangnya : ban belakang dibikin ngepot-ngepot, soalnya era itu belum viral yang namanya traction control, dan ternyata nggak cuman Casey Stoner aja yang punya gaya balap RWS, hehehe, Rossi juga, okeh lihat videonya di sini, eitss.... tonton pakai headset sampe habis ya, biar nggak salah paham :

(Detail Honda RC211V & mesin V5-nya, tonton sampe abis)
Wak haji TMCBlog, izin embed videonya yaa, punten...

Kalau sebagian anak-anak zaman now, tahunya Movistar = Yamaha. Ya soalnya mungkin sebagian dari mereka nggak pernah baca sejarah MotoGP, lebih sibuk baca-baca berita viral di IG atau Youtube, ya toh, hehehe. Tahunya ya Vixion atau R25-nya pakai livery Movistar itu keren tapi nggak ngerti sejarahnya, duhh negriku darurat membaca nih. Oke lupakan, jadi Movistar itu perusahaan telekomunikasi asal Spanyol kepunyaannya Telefonica. Ibarat "Telkomsel" - nya Spanyol gitulah gampangnya. Dari sini udah paham ? Oke lanjut. 

Sepengetahuan inyong, Telefonica Movistar pernah mensponsori 3 pabrikan di MotoGP. 2002 di Suzuki, 2005 di Honda, dan 2014 di Yamaha. Berikut ini penampakan livery Movistar di Suzuki :

Suzuki RGV500
Credit : Suzuki RGV250 TYGA, VHM heads, jetted 2 stroke sound, by : Counterpoint Life, under the CC-BY License

Bahkan kalau sobat sekalian perhatikan, livery Movistar ini diturunkan dari RGV500 ke Suzuki FXR 150 dan Satria 120 R lho. Ciri khasnya kelir dasar biru dengan motif bendera start warna kuning agak hijau, lihat nih :

Suzuki FXR 150
Livery Movistar di Suzuki FXR 150
Credit : Otto Bike-All New 2019 Suzuki FX 150R l Suzuki Will Revive FX 150R by 2019, by : Otto Bike, under the CC-BY License

Suzuki Satria 120 R
Livery Movistar di Suzuki Satria 120 R
Credit : RESTORASI SUZUKI SATRIA LUMBA FULL BODY CUMA 8 JAM! EARTH NAMBAH 2 TAK LAGI GUYS! #MOTOVLOG by : earth autoconcept, under the CC-BY License

Dan berikut penampakan livery Movistar di Honda RC211V yang digeber oleh Sete Gibernau pada tahun 2005. Pada tahun itu HP inyong masih Nokia 3315 yang layarnya monochrome dan permainannya ular yang bisa jadi panjang banget dan langsung game over kalau nabrak buntutnya sendiri itu lhoh. Hahahaha. Okeh lupakan, dan ini dia penampakan livery Movistar di Honda RC211V yang digeber oleh Sete Gibernau :

Sete Gibernau
Sete Gibernau di atas sadel Honda RC211V
Credit : Sete Gibernau 2005 Donington Park 2, by : Oz, under the CC-BY License

Oke sebelumnya inyong bilang kalau Honda CBR 600 RR 2006 ini adalah turunannya Honda RC211V yang pernah digeber Rossi, Gibernau, Hayden, Pedrosa. Dan itu betul. Apa sih yang bikin Honda CBR 600 RR itu dibilang turunan langsung dari Honda RC211V yang bermesin 990cc V5 itu ? 

1.) RAM AIR
Kalau sobat perhatikan baik - baik moncong dari Honda CBR 600 RR tahun 2006 ini, sobat akan melihat 2 lubang berbentuk segitiga di sisi kiri dan kanan fairing agak ke dalam :

Honda CBR 600
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Sekarang bandingkan dengan lubang ram air kepunyaan Honda RC211V - nya Sete Gibernau di bawah ini :

Honda RC211V
Credit : Sete Gibernau 2005, by : ozzzie, under the CC-BY License

Identik dan mirip kan bentuk lubang ram airnya, hehehe.

2.) FRAME, SWING ARM, TANGKI, DAN BUNTUT BELAKANG
Perhatikan baik-baik body Honda CBR 600 RR tahun 2006 ini terutama dari jok depan hingga buntut belakang di Honda CBR 600 RR tahun 2006 ini :

Honda CBR 600
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Sekarang bandingkan dengan punya Honda RC211V - nya Sete Gibernau di bawah ini :

Lihat tuh livery Movistar di Honda RC211V-nya Sete Gibernau
Credit : Honda RC211V 2004 Sete Gibernau, by : Rikita, under the CC-BY-SA License

See ? Mulai dari frame aluminium twin spar, fairing samping, tangki, jok, swing arm, penutup aki, kaki-kaki, buntut, bahkan lubang aero di buntutnya bener-bener identik dan mirip dengan Honda RC211V kan, hehehe. Benar-benar bak piston dibelah dua. Cuman kalau mesin beda jauh. Honda RC211V pakai mesin V5, sedangkan Honda CBR600RR ini pakai mesin Inline-4.

3.) TEKNOLOGI SWING ARM - UNIT PRO LINK SUSPENSION
Teknologi swing-arm di Honda CBR 600 RR infonya diwariskan juga dari Honda RC211V, teknologi apakah yang diwariskan itu ? Tak lain dan tak bukan adalah Unit Pro-Link. Dan teknologi ini juga diturunkan di CBR 150 R, All New CB 150 R, CBR 250 RR. Kangmas dan Mbakyu kudu bangga motornya mewarisi teknologi motornya Rossi, Sete Gibernau, Haydem, & Pedrosa.

Swing arm Honda CBR 600
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Unit Pro Link Suspension itu beda dari Pro Link di CBR150R, CB150R, atau CBR250RR lho ya. Bedanya kalau di CBR600RR, dudukan atas monoshock-nya dibaut di ujung atas swing-arm, jadi enggak ke rangka. Keuntungan mekanisme ini adalah : jago nikung. Yupzz, menurut pendapat inyong, di kelas supersport 4 silinder 600cc, motor yang jago nikung itu bukan Yamaha R6, tapi CBR600RR, sedangkan motor yang jago speed di kelas itu Kawasaki ZX6R atau kakaknya ZX636R.

Penasaran gimana bentuk Unit Pro Link, cek video di bawah :

(Ini dia bentuk dari Unit Pro Link di swing arm Honda CBR600RR)

4.) TEKNOLOGI DOBEL INJECTOR DI TIAP SILINDERNYA
Jadi total ada 8 injector yang dicangkokkan di mesin inline-4 nya Honda CBR600RR ini, hasilnya ya tarikan dan topspeed yang maknyos di kelasnya saat itu. Teknologi ini namanya DSFI (Dual Stage Fuel Injection), tolong koreksi kalau salah.

Inyong rada kesulitan nyari video tentang apa itu dual stage fuel injector di CBR600RR, tapi mudah-mudahan video di bawah ini bisa menggambarkan apa itu dual stage fuel injector :

(dual stage fuel injector)

GALLERI HONDA CBR600RR TAHUN 2006 BERLIVERY MOVISTAR
Oke sebagai penutup, inyong akan tunjukkan gambar-gambar dari Honda CBR600RR tahun 2006 berlivery Movistar, eh... knalpotnya bikinan MORIWAKI lhoh, cekidot :


Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Honda CBR600RR
Credit : MORIWAKI RACINGサウンドを聞け ホンダ・CBR PC40 2006 HONDA・CBR600RR Honda CBR 600RR Movistar モリワキ 姫路 兵庫県, by : 一二三渡辺, under the CC-BY License

Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...