Apa Sih Hubungan Antara Knalpot dan Pendinginan Mesin ?

WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Hallo Gaes, apa kabar semua, sudahkah anda ngopi hari ini ? Kalau saya sih udah, tadi pagi bikin kopi item tubruk. Yaa cuman kopi item dicampur gula pasir, kasih air panas, hmmm.... semerbak harumnyaaa...

Eh ini kok malah ngomongin kopi item hehehe. Oke Kangmas, Mbakyu, menurut anda sekalian apa sih hubungan antara knalpot dan pendinginan mesin ? Hmmm... emang ada ya hubungannya ? Bukannya mesin itu didinginkan lewat radiator buat yang menganut mekanisme liquid cooled macam di motor GSX-R 150, MT-15, R15 VVA, dan kawan-kawannya, atau didinginkan pakai hembusan angin sepoi-sepoi alias air cooled  lewat sirip - sirip ikan di blok dan head silinder macam di motor Tiger, Scorpio, Thunder, atau didinginkan pakai oli + angin alias air + oil cooled macam di Satria FU karburator Apache 200 atau Pulsar 220 ?


Pendinginan Mesin
Contoh mesinnya motor roda tiga Nozomi,
eh.. inyong nggak promosi lho yaa... (foto : dokumen pribadi)


SUMBER TENAGA

Ya itu semua bener, semua itu mekanisme untuk mendinginkan mesin sepeda motor. Seperti kita tahu sepeda motor entah itu 2-tak maupun 4-tak (ada juga sih yang pakai mesin diesel tapi langka) tenaganya dihasilkan dari ledakan bensin di ruang bakar. Ledakan tersebut mendorong piston ke bawah lalu dibalikin lagi oleh bandul kruk as dan gitu seterusnya sehingga gerakan naik-turun piston di dalam blok silinder akan memutar poros crankshaft, memutar gir rasio (untuk motor bebek atau kopling), memutar puli (untuk motor matic), dan akhirnya memutar roda belakang dan motor pun bergerak maju terus pantang mundur karena ga ada presneling mundur, emang motor roda tiga, haha.

LEDAKAN MENGHASILKAN PANAS

Oke intinya dari ledakan menjadi gerakan. Dari energi panas jadi energi kinetik. Ledakan di ruang bakar pemicunya adalah bensin + oksigen + listrik. Listriknya dari busi yah Kang, bukan dari PLN langsung. Soalnya ketika ngecas aki sebenernya dari PLN sih awalnya, kan aki dicolokin ke charger, terus charger aki dicolokin ke stop kontak, lha stop kontak larinya ke pembangkit listriknya PLN, hehe malah ngalor ngidul ra jelas kie.

Karena pakai ledakan, maka dihasilkanlah panas. Ledakan itu ada apinya, makanya panas. Ya namanya api pastilah panas, itu udah hukum yang berlaku alias sunnatullah, hehehe. Panas ini akan merembet ke seluruh permukaan mesin, terutama head silinder di bagian lubang pembuangan (exhaust port). Itulah bagian terpanas dari mesin, makanya para engineer pabrikan ketika merancang mekanisme pendinginan mereka akan fokus ke bagian mesin yang terpanas, ya itu tadi : head silinder dekat lubang buang.


Head Cylinder
Di sinilah area terpanas dari mesin 4-tak / 2-tak (foto : dokumen pribadi)

Gas panas hasil dari ledakan akan dibuang melalui lubang buang karena didorong oleh piston menuju TMA (Titik Mati Atas), ya macam dipompa lah. Gas buang ini sangat panas, temperaturnya sekitar 500 - 750 derajat Celcius. Itulah mangkanya knalpot itu panas maknyosss....

HUBUNGAN KNALPOT DAN PENDINGINAN MESIN

Nah gas yang sangat panas ini akan mengalir dari lubang buang ke leher knalpot, ke silencer, lalu ke udara bebas dan mengasapi para pembalap di belakangnya, hahaha,,, hush..... 

Karena knalpot itu posisinya ada di luar mesin maka knalpot akan terkena hembusan angin, sehingga panas dari gas di dalam knalpot akan terdistribusi keluar menuju udara bebas via angin yah, bukan Via Vallen, eh.... sehingga mesin bisa lebih adem.

KTM 525 EXC Engine
Credit : KTM 525 EXC Engine, from Grabcad, by : Joff90

Nah dari sini paham kan, hubungan knalpot sama pendinginan mesin. Jadi pendinginan mesin nggak cuman sirip-sirip silinder, radiator, atau oil cooler, knalpot juga Kangmas, Mbakyu. Oke segini dulu, kalau ada kritik, saran, atau pertanyaan bisa Kangmas dan Mbakyu share di kolom komentar. Mau caci maki juga boleh, ahahaha.

Sekian, semoga bermanfaat, wasslamau'alaikum.




Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...